Program Studi Diploma (D-III) Manajemen Agribisnis merupakan salah satu program studi yang unggul di lingkungan Universitas Syiah Kuala, saat ini telah memiliki dosen yang bersertifikasi komptensi nasional, memiliki berbagai Kerjasama dengan Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDIKA) serta telah memiliki Teaching Industri sebagai wadah praktek kerja mahasisswa. Program Studi Diploma (D-III) Manajemen Agribisnis Universitas Syiah Kuala membuka penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2025/2026.

Mekanisme Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Diploma III Manajemen Agribisnis
A. Persyaratan Peserta
1. Calon Mahasiswa Diploma Tiga (D-III) adalah siswa lulusan tahun 2023, 2024, dan 2025 dari Pendidikan Menengah Atas (SMA/MA/SMK dan sederajat);
2. Warga Negara Indonesia yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan/atau Warga Negara Indonesia Keturunan Asing yang dikukuhkan dengan Surat Bukti Kewarganegaraan;
3. Tamatan paket C lulusan tahun 2025, 2024 dan 2023 serta memiliki rapor selama bersangkutan mengikuti program tersebut;
4. Memiliki Ijazah atau Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah Atas;
5. Mempunyai kesehatan fisik yang tidak mengganggu kelancaran belajar di program pilihannya (sebagai contoh untuk program studi yang dalam belajarnya diperlukan kemampuan membedakan warna, tidak boleh buta warna) sesuai Peraturan Rektor Universitas Syiah Kuala Tahun Nomor : 8 Tahun 2025 tentang Persyaratan Fisik Pemilihan Program Studi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Universitas Syiah Kuala
B. Kelompok Pilihan
Setiap calon mahasiswa boleh memilih 2 (dua) Pogram Studi Diploma III pada Fakultas yang berbeda
C. Biaya Pendaftaran
1. Mengisi formulir pendaftaran pada laman https://pendaftaran.usk.ac.id/preregistrasi untuk mendapatkan Nomor Indentitas (ID Bayar) dan PIN mulai tanggal 25 Juni s.d 21 Juli 2025;
2. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp. 300.000- (tiga ratus ribu rupiah) melalui Teller BSI atau M-Banking BSI dengan menyebutkan/memasukkan ID Bayar (yang didapat dari mengunduh formulir pendaftaran) pada Bank Syariah Indonesia (BSI) secara Host to Host dengan tipe pembayaran 9651 – Pendaftaran USK.
3. Melalui laman https://pendaftaran.usk.ac.id/preregistrasi calon mahasiswa menekan tombol masuk, lalu memasukan Nomor Indentitas (ID Bayar) dan PIN yang ada pada struk pembayaran pendaftaran untuk mengisi Biodata, Upload KTP dan Pas foto
3. Tarif Uang Kuliah (UKT) dapat dilihat pada laman https://usk.ac.id/dokumen/besaran-biaya-uktb/.
D. Penyerahan Berkas
1. Mengirimkan Rapor Asli;
2. Mengirimkan Nomor Pendaftaran (fotocopy warna);
3. Kedua Berkas Dikirim pada masing-masing prodi tanggal 25 Juni s.d. 22 Juli 2025
E. Jadwal Pelaksanaan Verifikasi Data Akademik Sekolah
Pelaksanaan Verifikasi Data Akademik Sekolah dilakukan pada tanggal 1 s.d 24 Juli 2025.
F. Pengumuman Kelulusan
Pengumuman Kelulusan tanggal 28 Juli 2025 (dapat dilihat melalui laman usk.ac.id).
G. Pendaftaran Ulang
1. Pengisian Biodata Uang Kuliah Tunggal (UKT) tanggal 1 s.d 10 Agustus 2025 melalui laman https://uktb.usk.ac.id.
2. Melakukan Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Pengisian KRS tanggal 2 s.d 11 Agustus 2025;
3. Pengisian biodata online dan hal lainnya yang berkaitan dengan proses registrasi mahasiswa baru akan diumumkan pada pengumuman kelulusan (dapat dilihat pada laman https://usk.ac.id/ bagian pengumuman).
Demikian pengumuman ini disampaikan untuk diketahui dan dimaklumi.